Strategi Memulai Usaha Waralaba untuk Pebisnis Pemula

Bisnis waralaba adalah bisnis yang sedang berkembang pada saat ini, banyak bisnis yang sudah terkenal sekarang membuat sistem waralaba atau franchise, seperti usaha makanan cepat saji KFC atau Mc Donald, mereka adalah contoh perusahaan besar yang mamakai system waralaba, dan terbukti sukses, adapun bisnis kecil menengah yang menggunakan system waralaba adalah kebanyakan uasah di bidang kulinar atau makanan, seperti usaha ayam goreng Sabana yang sudah memiliki mitra bisnis waralaba sampai ribuan di sekitar jabotabek saja, dengan system waralaba ini maka usaha yang sedang berkembang akan semakin berkembang, dengan banyaknya orang membeli system waralaba ini maka dengan sendirinya potensi untuk semakin terkenal akan semakin besar. Bagi anda yana baru akan mulai menekuni bisnis waralaba ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih usaha mana yang akan menjadi mitra waralaba anda,
Strategi Memulai Usaha Waralaba untuk Pebisnis Pemula



Usahakan mencari informasi sebanyak banyaknya tentang waralaba yang akan anda pilih, anda bisa memilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat anda, misalnya minat anda di seputaran makanan, maka usahakan memilih waralaba makanan, kenali juga sejarah dari waralaba yang akan anda pilih, apakah gerainya sudah banyak dan tersebar di berbagai daerah, usahakan cari waralaba yang usianya sudah lebih dari 4 tahun, dengan begitu anda sudah tahu bahwa waralaba tersebut sudah teruji waktu. Dan anda bisa menanyakan biaya dari joint sebagai mitra bisnis mereka , jika terjangkau oleh budget anda maka anda bisa meneruskan ke langkah selanjutnya.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam cara bisnis tahun 2016 adalah bagaimana cara anda mengatur manajemennya, meskipun dari pihak pemilik waralaba sudah ada standar operatingnya anda juga harus memperhatikan hal lain seperti sdm nya, jika anda yang akan menjaga gerai tersebut sendiri maka tidak ada masalah dengan SDM nya, anda tinggal pintar pintarnya mengatur menajemen penjualan dan manejemen keuangannya, tetapi jika anda mencari orang lain untuk mengelola gerai anda , anda harus menanamkan sikap jujur kepada karyawan anda tersebut, dan sikap sabar dalam melayani para pembeli adalah service terbaik dari karyawan anda kepada para pelanggan.

Dari segi penjualan, yang perlu di perhatikan adalah pemilihan lokasi atau tempat anda berjualan, usahakan memilih lokasi penjualan di tempat keramaian, misalnya di depan pusat perbelanjaan, halaman Indomaret atau Alfamart, dengan pemiliha lokasi yang tepat maka potensi penjualannya juga akan semakin besar, dari segi promosi pada awal awal pembukaan anda bisa menyebarkan brosur tentang jualan anda kepada setiap orang yang lewat, dan anda bisa memberikan promosi diawal pembukaan dengan potongan harga pada jam jam tertentu selama seminggu sampai sebulan, untuk menarik banyak pengunjung, setelah lewat masa promosi lakukan promosi inovatif lainnya, seperti beli 2 gratis 1 dan promosi inovatif lainnya, dengan begitu penjualan anda akan selalu stabil dan cenderung meningkat.





Setelah di satu tempat anda bisa sukses mengelola sebuah waralaba maka anda bisa menduplikasikannya untuk gerai kedua, gerai ketiga dan gerai gerai selanjutnya. Didalam pengembangan waralaba yang lain anda bisa membuka gerai dengan waralaba yang sama atau anda bisa mencari peluang dari waralaba yang lain, tetapi dengan system manajemen yang sama dengan waralaba yang sebelumnya anda jalankan dan sukses, dengan menerapkan duplikasi yang sama maka anda akan menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan bisnis waralaba.

Demikian strategi memulai usaha waralaba untuk pebisnis pemula, dari pemula sampai menjadi ahlinya di bidang bisnis waralaba, semoga bisa menjadikan ide kreatif di dalam benak anda dan segera aplikasikan di dalam dunia bisnis sesungguhnya.

Salam sukses selalu

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »